RSS

Apa sih Sistem Operasi?

25 Apr

Apa sih Sistem Operasi?

›  sistem operasi didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur Kinerja hardware komputer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras

Jenis Sistem Operasi

›  OSS : Linux dan variannya

›  Close : Windows And Mac

Perbedaan windows dan linux

  • Windows

›  Security

›  Penanganan Proses single

›  Mudah Crash

›  Easy to use

  • Linux

›  Security Level

›  Penanganan Proses Level

›  Susah crash

›  Bagi pengguna awam susah

Komponen sistem operasi

›  Managemen Proses

›  Managemen Memori Utama

›  Managemen Berkas

›  Managemen Sistem Masukan/Keluaran

›  Managemen Penyimpanan Sekunder

›  Sistem Proteksi

›  Jaringan

›  Command-Interpreter System

Management Proses

›  Proses : Segala hal yang sedang dilakukan oleh sistem Operasi

›  Suatu proses memerlukan resources berupa : CPU Time,Memori, berkas input output

Keadaan proses

›  New: Proses sedang dikerjakan/ dibuat.

›   Running: Instruksi sedang dikerjakan.

›   Waiting: Proses sedang menunggu sejumlah kejadian untuk terjadi (seperti sebuah penyelesaian I/O atau penerimaan sebuah tanda/ signal).

›  Ready: Proses sedang menunggu untuk ditugaskan pada sebuah prosesor.

›  Terminated: Proses telah selsesai melaksanakan tugasnya/ mengeksekusi.

Process Control Block

›  Keadaan Process

›  Program Counter

›  CPU Register

›  Informasi Management Memory

›  Informasi Pencatatan

›  Informasi Status I/O

Operasi Pada Proses

›  Pembuatan Baru (New) : 1 proses dapat menciptakan banyak anak proses yang akan membentuk pohon process

›  Penundaan (Termination) : induk dapat melakukan terminasi apabila melebihi batasan resources

Race Condition

›  Situasi dimana beberapa proses mengakses dan memanipulasi data bersama dan pada saat bersamaan

›  Akibat : Critical Section yang berakibat pada deadlock, Mutual exclution, starvation

Dining Philosopher

Dining Philosopher

Dining Philosophers Problem merupakan salah satu masalah klasik dalam sinkronisasi. Pada tahun 1965, Djikstra menyelesaikan sebuah masalah sinkronisasi yang beliau sebut dengan dining philisophers problem

Critical Section

›  Bagian dari program yang menggunakan shared memory

›  Entry Section: kode yang digunakan untuk masuk ke dalam critical section

›  Critical Section: Kode di mana hanya ada satu proses yang dapat dieksekusi pada satu waktu

›  Exit Section: akhir dari critical section, mengizinkan proses lain

›  Remainder Section: kode istirahat setelah masuk ke critical section

Mutual Exclution

›  Kondisi dimana banyak aplikasi  saling menunggu

›  Tidak ada dua proses yang pada saat bersamaan berada di critical region.

›  Tidak ada proses yang berjalan diluar critical region yang bisa menghambat proses lain

›  Tidak ada proses yang tidak bisa masuk ke critical region

Deadlock

›  Kebuntuan proses atau tidak ada komunikasi antar proses

›  Proses 1 menunggu proses yang lain

›  Proses menunggu resource yang dipakai bersama-sama

Deadlock

Resource yang dipakai berulang kali

›  Digunakan hanya oleh satu proses pada satu waktu dan tidak dihabiskan oleh pengguna lain

›  Proses memperoleh sumber daya, kemudian dilepaskan agar dapat digunakan (ulang, reuse) oleh proses lain

›  Termasuk : prosessor, channel I/O, main memory, perangkat dan struktur data seperti file, database, semaphore

›  Deadlock terjadi apabila setiap proses memegang satu resource kemudian meminta resource yang lain

Reusable Resource

Consumable Resource

›  Produced and consumed

›  Termasuk : Interrupt, Signal, message, buffer IO

›  Deadlock terjadi apabila receive message di blocking

›  Kombinasi dari event-event yang menyebabkan deadlock

Deadlock Condition

›  Mutual Exclusion : done

›  Hold-and-Wait : suatu proses boleh memegang resource yang dialokasikan selama waiting assaigment yang lain

›  No-Preemption : tidak ada resource yang dapat closed automatically dari proses yang menggunakannya

›  Circular Wait : adanya clossed-chain proses sehingga setiap proses memegang setidaknya satu necesarry resource yang diperlukan oleh proses lainnya

Terwujudnya Deadlock

›  Mutual Exclution

›  No preemption

›  Hold and Wait

›  Circular wait

Pencegahan Deadlock

›  Mutex : harus didukung oleh SO

›  Hold and Wait : mengharuskan suatu proses meminta semua sumber daya yang dibutuhkannya pada satu waktu

›  No Preemption : proses harus melepas resource dan request lagi serta OS boleh men-preempt suatu proses untuk mengharuskannya melepas resource

›  Circular wait : definisi suatu pengurutan linier dari jenis-jenis sumber daya

Startegi saat deadlock terdeteksi

›  Batalkan semua proses terdeadlock

›  Back up setiap proses terdeadlock ke beberapa checkpoint dan restart semua proses

›  Preempt resource sampai deadlock hilang

Starvation

›  Kondisi setelah terjadinya deadlock

›  Bisa terjadi karena kesalahan dalam sistem sehingga terjadi pembagian resource yang tidak merata antara satu proses dengan proses yang lain

SEMAPHORE Overview

›  prinsip bahwa dua proses atau lebih dapat bekerja sama dengan menggunakan penanda-penanda sederhana.

›  Task Communication : Control Access to a shared resources

›  Signal Event

›  Syncronize Allows two task

Semaphore Type

›  Binary Semaphore : Semaphore consist Of 2 values : 0 and 1

›  Counting Semaphore : Semaphore depend on bits 8,16,32

›  Depend on kernel ability : 32bit or 64 bit

Semaphore Operation

›  Initialize (create)

›  Wait (call pend)

›  Signal (post)

Memory (Cont)

›  Inti dari sistem komputer modern

›  Mengambil Instruksi dari memori sesuai program counter

Ruang Alamat logika dan Fisik

›  Logika : alamat yang dibuat di CPU

›  Fisik : Alamat yang terlihat oleh Memori

›  Shared Library : sharing pemanggilan

Overlays

›  Berfungsi untuk memasukkan suatu proses yang membutuhkan memory yg lebih besar

›  Hanya agar didalam memori berisi data dan instruksi yang dibutuhkan dalam satu waktu

Alokasi Memori

›  Swap : Penukaran proses keluar memori dan dibawa masuk kembali untuk dieksekusi lagi

›  Metode :

›  Roll Out : penukaran keluar

›  Roll In : Pengembalian kembali proses

Proteksi Memori

›  Mencegah pengambilan memory yang sedang dipakai oleh proses lain yg sedang berjalan

›  Menggunakan Memory Management Unit (MMU)

›  Cara Yang sering digunakan :

›  Segmentasi

›  Pemberian Halaman

Segmentasi

›  Pembagian Memori menjadi beberapa segmen

›  Segmen : Unit logis, yunit yang terdiri dari beberapa bagian yang berjenis sama

›  Pembagian Berupa Bit-Bit Array

Pemberian Halaman

›  Metode yang memungkinkan suatu alamat fisik memori dapat digunakan sequece (tidak berurutan)

›  Memproteksi setiap bit-bit yang berhubungan di setiap frame

›  Menggunakan tabel halaman sebagai referensi awal

Android (Introduction)

›  Sumber : http://code.google.com/android

›  OS bebas yang didasarkan pada Kernel Linux yang dikembangkan oleh google dan Open Handset Alliance

›  Kernel : Linux 2.6

›  Emulator : Mac,Linux dan Windows

›  Hardware Support :

›  GSM Telephone

›  Bluetooth,Wifi 3G dan LTE

›  Camera, GPS, Compass dan Accelerometer

Overview

Android Architecture : Linux Kernel

›  Berdasarkan Linux kernel : 2.6 baik secara security, memory Management, Process Management, driver model DST

›  Kernel juga yang mengenalkan antara application dengan hardware

Android Architecture Runtime

›  Bekerja Sendriri berdasarkan instance dari DVM

›  Multiple Running from Dalvik

›  VM berdasarkan Registered Based dan running program berdasarkan transformasi dari Java kedalam Dalcik (dex)

›  DVM yg berdasarkan linux kernel untuk fungsi threading dan low-level management

Android Architecture Library

›  Android juga bisa di builder dengan menggunakan c/c++, beberapa componen dari android

›  Surface manager : management UI dengan support 2d dan 3d

›  Media library : media playback

›  FreeType : rendering bitmap

›  SQLite : relational Database

Android Application Framework

›  Setup with core apps contoh : SMS,Call,MMS,Email,Browser DLL

›  Services dan System dalam UI :

›  Apps Builder support : grid, text boxes, button dan even embadded dari web browser

Android Application Lifetime

Dex File Structure

Sistem Berkas (Cont)

›  Kumpulan Berkas : sebagai tempat penyimpanan

›  Struktur Direktori : Yang mengatur dan menyediakan informasi mengenai seluruh berkas dalam sistem

›  Berkas adalah kumpulan informasi berkait yang diberi nama dan direkam pada penyimpanan sekunder

›  Text File : Urutan Karakter Yang disusun kedalam Baris

›  Source File : Subroutine dan Fungsi

›  Object File : Urutan Byte yang diatur kedalam blok-blok yang dikenal linker dari system

›  Executable File : Rangkaian Code Section yang dapat dibawa loader kedalam memori yang dieksekusi

Atribut pada Berkas

›  Nama : Informasi tetap yang dapat dibaca Manusia

›  Type : dibutuhkan Oleh System

›  Lokasi : Pointer ke device dan ke lokasi

›  Size : ukuran berkas

›  Proteksi : Akses Control

›  Waktu, tanggal dan identifikasi pengguna :

›  Pembuatan Berkas

›  Modifikasi Terakhir

›  Penggunaan Terakhir Berkas

Operasi Pada Sistem Berkas

›  New : Pebuatan Folder Baru

›  Menulis (write) : System Call Beserta Nama Berkas yang akan di buat

›  Membaca (Read) : Mirip dengan Write Tetapi dengan perbedaan tanpa adanya perubahan

›  Penempatan Kembali (searching) : Mencari berkas yang berkesesuaian dan mengembalikan lokasi berkas

›  Menghapus (Delete) : Mencari Berkas Tersebut kemudian membebaskan ruang tersebut

›  Memendekkan / memperpanjang (Re-Write) : Proses Pemadatan ataupun pemanjangan Isi dari Berkas

Jenis Berkas

Struktur Berkas pada Disk

›  Ditetapkan dari ukuran Sektor

›  Setiap OS mempunyai ciri tersendiri dalam Managenet Berkas

›  Linux : berdasarkan byte yang dimasukkan kedalam logical record

Metode Akses

›  Akses Secara Beruntun : Sequential Akses Pemrosesan data berdasarkan urutan

›  Akses Langsung : fixed-length logical order tanpa adanya urutan, berguna jika jumlah data besar.

›  Indexing : Metode ini memasukkan indeks

›  untuk mengakses berka

Struktur DIrektori

›  Direktori Satu Tingkat : Semua file disimpan dalam Direktori yang sama

›  Direktori Dua Tingkat : Direktori Berdasarkan User

›  Direktori Struktur Tree : Sebuah direktori dengan struktur pohon memiliki sejumlah berkas atau subdirektori lagi

›  Acyclic-Graph : mirip dengan tree bedanya memungkinkan akses secara bersama-sama

Proteksi Pada sistem berkas

›  Read: Membaca dari berkas

›  Write: Menulis berkas

›  Execute: Meload berkas kedalam memori untuk dieksekusi.

›  Append: Menambahkan informasi kedalam berkas di akhir berkas.

›  Delete: Menghapus berkas.

›  List: Mendaftar properti dari sebuah berkas.

›  Rename: Mengganti nama sebuah berkas.

›  Copy: Menduplikasikan sebuah berkas.

›  Edit: Mengedit sebuah berkas.

Akses List dan Group

›  Akses kedalam direktory tergantung dari pengguna :

›  Owner: User yang membuat berkas.

›  Group : Sekelompok pengguna yang memiliki akses yang sama terhadap sebuah berkas, atau men-share sebuah berkas.

›  Universe: Seluruh pengguna yang terdapat dalam sistem komputer.

Contoh Sistem Proteksi Berkas

Sistem Berkas Pada OS Windows

›  FAT 16: Sistem berkas ini digunakan dalam sistem operasi DOS dan Windows 3.1

›   FAT 32: Sistem ini digunakan oleh keluarga Windows 9x.

›  NTFS: Merupakan singkatan dari New Technology File System. Sistem berkas ini adalah sistem berkas berbasis journaling dan dapat digunakan hanya pada keluarga Windows NT. Keunggulan dari sistem berkas ini adalah fasilitas recovery yang memungkinkan dilakukannya penyelamatan data saat terjadi kerusakan pada sistem operasi.

Sistem Berkas Pada *nix

›  EXT2

›  EXT3

›  JFS (Journaling File System)

›  ReiserFS

›  Dan Lain-lain.

download Apa sih Sistem Operasi . docx

sumber jullev.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 25 April 2012 in Kuliah, Sistem Operasi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: