RSS

modul 1


Langkah Perakitan Komputer ;

  1. Motherboard : Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.
  2. Processor : Pastikan tipe soketnya cocok dengan tipe motherboardnya.  Buka pengunci slot processor pada motherboard. Letakkan processor pada slot tersebut sesuai dengan tanda pegesan yang ada di processor dan motherboard. Lalu kunci dengan rapat.
  3. Heatsink : Gunakan heatsink yang sesuai (bawaan processor). Pastikan heatsink dilengkapi dengan pasta pendinginnya. Letakkan kaki-kaki heatsink pada slotnya denan benar dan kunci dengan rapat. Pastikan heatsink tidak dapat digoyangkan setelah dikunci. Dan tancapkan kabel power heatsinknya ke motherboard.
  4. Memori (RAM) : Pastikan tipe soketnya sesuai tersedia dan sesuai dengan slot memori yang ada di motherboard. Posisikan RAM di atas slotnya dan sesuaikan dengan sekatnya. Jika sudah yakin benar, tekan kedua sisi RAM hingga muncul bunyi klik(RAM mengunci otomatis).
  5. Pasang motherboard pada casing : Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing  sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.  Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.  Tempatkan motherboard pada tray casing sehingga kepala dudukan terlihat dari lubang pada motherboard dan pastikan port I/O nya bisa digunakan. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
  6. Pasang power supply ke dalam casing (jika belum terpasang)
  7. Pasang kabel Motherboard dan Cassing : Pasang kabel power dari Power supply ke motherboard, HardiskPasang kabel Panel depan(sesua slotnya).
  8. Pasang Drive : masukkan drive ke tempatnya yang terdapat di casing (biasanya lewat luar), pasang kabel datanya (dari drive ke motherboard), pasang kabel powernya (dari power supply ke drive).
  9. Pasang Card Adapter : Cari card adapter yang sesuai dengan slot yang tersedia paa motherboard. Tancapkan card adapter pada slotnya di motherboard dengan benar. Sekerup untuk penahannya.
  10. Penyelesaian akhir : Tutup casing. Hubungkan kabel dari catu daya ke dinding. Hubungkan connector ke monitor, keyboar, dan mouse. Hidupkan komputer dan cek pada BIOS tentang hasil perakitan kita. Cek apakah semua terpasang dengan benar.

untuk selengkapnya, download modul 1

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: