RSS

modul 3


  1. Anda butuh master Ubuntu 10.04 LTS Desktop ISO image yang sesuai dengan arsitektur.(sesuai dengan jenis processor yang anda gunakan)
  2. Setting BIOS agar booting lewat CD master.
  3. Muncul Jendela “install”. Pilih bahasa yang anda inginkan untuk proses instalasi dan bahasa default yang akan anda pakai selanjutnya. Dalam tutorial ini saya pakai bahasa indonesia
  4. Klik pada tombol install ubuntu 10.04 LTS.
  5. Tampil halaman “welcome”.  Klik “forward”
  6. Tampil peta bumi. Waktu dari sistem komputer Anda akan menggunakan pilihan lokasi yang Anda tentukan. Anda juga dapat memilih lokasi menggunakan drop down list yang terletak pada bagian bawah layar. Klik tombol “Forward”
  7. Pilih layout keyboard (susunan papan ketik)yang Anda inginkan. Namun layout default bisaanya adalah yang sering digunakan. Klik tombol “Forward” jika konfigurasi keyboard telah selesai Anda tentukan.
  8. Halaman “Mempersiapkan ruang Disk”. Pada kondisi hardisk kosong (hardisk baru)Ada 2 opsi:
  9. Hapus dan gunakan seluruh cakram : Mem-partisi hardisk secara otomatis yang dilakukan oleh system operasi. Dan menghapus semua data yang telah ada dalam hardisk.
  10. Tentukan partisi secara manual (advanced) : mem-partisi secara manual. Bisaanya digunakan oleh orang yang sudah mahir. Dengan menggunakan opsi ini kita juga dapat menggunakannya untuk dualboot OS.
  11. Pilih opsi pertama lalu klik “forward”
  12. Pada layar ini, Anda harus memasukkan data yang benar sesuai pertanyaannya. Isilah kolom yang tersedia dengan nama asli Anda, nama yang Anda inginkan untuk login pada OS Ubuntu (yang disebut juga dengan “username” yang dibutuhkan untuk login pada system), password dan nama komputer (secara otomatis sudah tertulis, namun bisa Anda ganti).
  13. Pada tahapan ini, ada opsi yang disebut “Masuk secara otomatis”. Jika kotak pilihan ini Anda centang, maka Anda akan login secara otomatis pada Ubuntu Desktop. Klik tombol “Forward” untuk melanjutkan…
  14. Ini adalah langkah akhir instalasi. Pada tahapan ini, Anda dapat memilih untuk menginstall boot loader pada partisi lain atau hard drive, namun ini sangat direkomendasikan bagi yang sudah advanced saja. Jika anda telah yakin dengan konfigurasi yang telah anda lakukan, Klik tombol “pasang”.
  15. Pop-up window akan muncul, mengingatkan Anda bahwa instalasi sudah selesai, Anda perlu melakukan restart komputer untuk melihat operating system Ubuntu berjalan. Klik tombol “Restart Now”… Atau “Restart Sekarang”
  16. CD akan dikeluarkan dari CD ROM, lalu tekan tombol “Enter” untuk reboot. Komputer akan direset, dalam beberapa saat Anda akan melihat Ubuntu boot splash dan Xsplash… terus melihat jendela login. klik pada username Anda dan masukkan passwordnya. Klik Log in atau tombol enter…
  17. Anda siap menikmati Ubuntu 10.04 LTS Anda.

untuk selengkapnya, download modul 3

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: