RSS

Operating System


>>Cara Install UBUNTU 11.04 Natty Narwhal<<

Tanggal 28 April 2011, versi terbaru Ubuntu telah resmi dirilis dan siap untuk didownload.

Pada Ubuntu 11.04 yang berkodekan nama Natty Narwhal ini, juga diperkenalkan Unity Interface sebagai desktop bawaan. Mengapa demikian? Pasalnya, Unity kini juga menjadi sesi desktop default. Unity juga memiliki launcher yang dibekali banyak feature, seperti drag and drop. Aktifitas short cut menggunakan keyboard juga sudah didukung penuh di versi 11.04 ini.

Penasaran dengan Natty Narwhal? berikut kami sebutkan beberapa bocoran yang ada pada Ubuntu 11.04:
– Mendukung Firefox terbaru 4.0 sebagai peramban bawaan
– LibreOffice 3.3.2 yang dimasukkan sebagai aplikasi perkantoran.
– Banshee 1.9.5 sebagai pemutar musik dan diintegrasikan dalam menu suara.
– X.org 1.10.0 dan Mesa 7.10.1
– Kernel 2.6.38-7.39
– GCC 4.5

Langkah instalasi linux ubuntu 11.04 :
1. Persiapkan Master installasinya (CD atau USB drive installer ubuntu 11.04)
2. Nyalakan PC / Laptop Anda yang akan diinstal Ubuntu 11.04, masukkan CD Installer Ubuntu 11.04 ke dalam CD/DVD ROM, pastikan first boot pada settingan BIOS adalah CD/DVD ROM.
3. Pada layar “Welcome”, silakan pilih bahasa : English atau Bahasa Indonesia (atau yang lain, bebas saja sesuai selera). Jika Anda ingin mencoba Desktop Ubuntu 11.04 klik tombol Try Ubuntu, karena kita ingin menginstal langsung, maka pilih / klik tombol Install Ubuntu.

4. Pada layar “Preparing to Install Ubuntu” perhatikan syarat yang diperlukan :
– minimal 4.4 GB drive space
– kabel power terpasang
– terhubung ke internet. (tidak apa-apa jika tidak)
Pilihan “Download updates while installing boleh dicontreng jika terhubung ke internet. Pilihan “Install this third-party software” sebaiknya dipilih untuk bisa memainkan file MP3, kenapa ada pertanyaan ini? karena Ubuntu murni semuanya free open source, sedangkan MP3 tidak open source, sehingga tidak sesuai dengan filosofi Ubuntu. Jadi agar tidak mengusik filosifi Ubuntu, dibuatlah pilihan seperti ini. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.

5. Pada layar “Allocate drive space”, ada dua pilihan: pertama “Erase disk and install Ubuntu”, dan kedua “Something else”. Untuk pilihan yang pertama “Erase and use the entire disk” sudah bisa dimengerti, bahwa installer akan menghapus semua isi dari disk (termasuk partisi) dan akan mengatur isinya sesuai kebutuhan Ubuntu. Jika pilihan ini yang Anda pilih, klik Forward dan silakan lanjutkan. tapi disini saya memilih pilihan ke dua, agar bisa dual booting. Memungkinkan kita melakukan konfigurasi partisi sesuai dengan yang kita mau. Tentu saja Anda perlu memahami tentang filesystem dan partisi. Klik tombol Forward.

6. Di langkah ini saya telah menyiapkan hardisk kosong 8Gb. Buat table Partisi baru. Partisi yang pertama kali dibuat adalah partisi swap, untuk membuat partisi swap, pada tipe partisi pilih Primary. Masukkan besar size partisi yang akan dibuat, karena besar RAM yang Saya gunakan adalah 512 MB, maka besar partisi swap yang Saya buat adalah 2x lipat RAM atau 1024 MB. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih swap area. Klik tombol OK.

7. Partisi selanjutnya yang akan dibuat adalah partisi / (baca : root). Untuk membuat partisi / (baca : root), pada tipe partisi pilih Primary. Masukkan besar size yang akan digunakan untuk partisi / (baca : root), besar partisi yang Saya buat adalah sisa dari size Harddisk yaitu 7565 MB. Pada lokasi partisi pilih Beginning. Kemudian pada use as, pilih Ext 4 Journaling file system. Pada Mount point, pilih / (baca : root). Klik tombol OK.

8. Klik Install Now

9. Pada layar “Where are you”, pilih kota tempat Anda berada. bisa diketik, atau dipilih langsung di peta. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.

10. Pada layar “Keyboard layout”, pilih tipe keyboard yang digunakan. biasanya Indonesia menggunakan Keyboard layout USA. Klik tombol Forward untuk melanjutkan.

11. Pada layar “Who are you?”, masukkan informasi yang diperlukan. Username harus huruf kecil semua tanpa spasi. Yang harus diingat adalah Username dan Password yang nanti akan digunakan untuk login dan melakukan administrasi pada sistem, jangan sampai lupa. Klik tombol Forward.

12. Dan silakan lihat slide keunggulan Ubuntu sembari menunggu sistem diinstall ke dalam disk.

13. Proses instalasi Ubuntu 11.04 sudah selesai, klik tombol Restart Now, untuk merestart komputer Anda. Jangan lupa mengeluarkan USB External Drive atau CD sebelum Restart.

14. Tampilan Login Ubuntu 11.04, masukkan password sesuai username yang telah dibuat sesuai langkah ke 14. Kemudian klik tombol Login.

15. Selamat Anda telah berhasil Linux UBUNTU 11.04 Natty Narwhal. Silakan komentar untuk memberikan pendapat atau pertanyaan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: